Alat Pengupas Mete

alat pengupas mete

Mete merupakan salah satu camilan yang unik karena sering disebut sebagai biji atau kacang. Padahal, mete tidak termasuk keduanya. Rasanya yang gurih membuat mete banyak disukai, sehingga banyak pula orang yang tertarik menjualnya. Apalagi proses pengupasan yang cukup sulit, kini bisa diatasi dengan bantuan alat pengupas mete.

Mengenal Kacang Mete

Kacang mete, atau yang juga disebut kacang mede, berasal dari tanaman jambu monyet atau jambu mete. Tanaman ini berasal dari hutan Amazon, Brazil, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia setelah dibawa oleh para penjelajah Portugis. Selain di Brazil, tanaman ini juga dibudidayakan secara komersial di India, Vietnam, dan beberapa negara Afrika.

alat pengupas mete

Sesuai nama latinnya, Anacardium occidentale, jambu monyet sebetulnya tergolong suku mangga atau Anacardiaceae. Jambu monyet memiliki dua macam buah, buah sejati dan buah semu. Bagian yang sering disebut biji mete itulah buah yang sesungguhnya. Sebaliknya, bagian yang selama ini dianggap sebagai buah jambu sebenarnya merupakan tangkai yang membesar.

Pohon jambu monyet sendiri memiliki banyak manfaat. Selain kacang mete yang bisa dimakan, daunnya juga bisa dijadikan lalapan, dan kulit pohonnya bisa diolah menjadi obat kumur atau obat sariawan. Di Indonesia, daerah Wonogiri merupakan salah satu tempat yang sudah memanfaatkan pohon jambu monyet ini secara maksimal.

Manfaat Kacang Mete

Kacang mete juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Beberapa kandungan gizi penting dari kacang mete adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin (B1, B2, B3, B5, B9, dan CAS), serta mineral seperti fosfor, magnesium, zinc, dan kalium. Karena itu, mengonsumsi kacang mete juga akan memberikan manfaat yang beragam, di antaranya:

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kacang mete mengandung asam lemak esensial yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Asam lemak tak jenuh tunggal membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah, sehinga mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, stroke, atau hipertensi.

2. Sebagai Sumber Energi

Untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh membutuhkan sumber energi. Kacang mete bisa menjadi salah satu alternatif sumber energi karena memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, yaitu sekitar 553 kalori setiap 100 gram kacang mete.

alat pengupas mete

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu mineral yang terdapat dalam kacang mete, yaitu zinc, memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit.

4. Mencegah Kanker

Kacang mete mengandung zat flavanol yang mampu menghentikan pertumbuhan tumor dan perkembangan sel-sel kanker. Kandungan tembaga yang tinggi dan zat antioksidan juga membuat kacang mete berguna untuk menangkal radikal bebas, sehingga penyakit kanker dapat dihindari.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Penyakit diabetes terjadi akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi. Kacang mete mengandung asam anakardat yang memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Dengan kata lain, konsumsi kacang mete dapat membantu menurunkan risiko diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

6. Mengatasi Batu Empedu

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nurse Health Study membuktikan, konsumsi 1 ons atau sekitar 2 sendok makan kacang mete setiap minggu akan menurunkan risiko terkena penyakit batu empedu sebanyak 25%.

7. Menurunkan Depresi

Tubuh memiliki kemampuan untuk mengendalikan mood dan perasaan dengan menghasilkan hormon atau senyawa tertentu, salah satunya adalah serotonin. Kacang mete mengandung asam L-triptofan yang berguna untuk merangsang produksi serotonin di otak, sehingga seseorang akan merasa lebih bahagia dan mengurangi depresi.

alat pengupas mete

8. Memperkuat Tulang

Kacang mete merupakan salah satu sumber mineral. Beberapa jenis mineral seperti magnesium, tembaga, dan zinc memiliki fungsi penting dalam mencegah pengeroposan tulang dan membuat sendi lebih lentur dan sehat.

9. Menjaga Kesehatan Saraf

Kurangnya magnesium menyebabkan sel saraf terlalu banyak dimasuki kalsium, sehingga saraf mengalami kontraksi terlalu sering. Masuknya kalsium ke dalam sel saraf dapat dicegah dengan asupan magnesium yang cukup, salah satunya dengan mengonsumsi kacang mete.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Penyakit katarak dapat dicegah dengan konsumsi kacang mete. Penyebabnya, mete mengandung dua zat nutrisi penting dalam menjaga fungsi penglihatan, yaitu lutein dan zeaxanthin.

Alat Pengupas Mete dan Spesifikasinya

Sebelum diolah menjadi bahan makanan yang layak dikonsumsi, kacang mete harus melalui beberapa tahap pemrosesan lebih dahulu, yaitu pemilihan, pengupasan, pengeringan, pelepasan kulit ari, dan pengeringan kembali. Pada tahap pengupasan, mete dipisahkan antara biji dengan kulit atau cangkangnya.

alat pengupas mete

Proses pengupasan relatif sulit dan membutuhkan waktu lama karena cangkang mete cukup keras dan bentuknya tidak beraturan. Karena itu, dibutuhkan alat bantu untuk mengupas mete atau disebut juga kacip mete. Selain mempermudah pengupasan, penggunaan alat akan melindungi tangan dari iritasi akibat terkena cairan yang terdapat pada kulit biji mete.

Kacip mete adalah alat yang terbuat dari besi yang memiliki sebuah mata pisau cekung berbentuk huruf “M”. Mata pisau dibuat dengan bentuk khusus sesuai dengan bentuk dan ukuran gelondong mete. Pada saat ditekan, mata pisau hanya akan membelah kulit mete saja, tanpa mengenai bijinya, sehingga biji mete tidak pecah.

Penggunaan alat kacip mete memberikan beberapa keuntungan, yaitu bentuk biji mete yang dihasilkan akan tetap utuh, tidak rusak atau terbelah. Alat ini juga akan membuat proses pengupasan berjalan dengan efisien, sehingga akan menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Bentuknya yang sederhana membuat alat ini sangat mudah dioperasikan dan dirawat.

Pada umumnya, kacip mete memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Material: Besi
  • Ukuran: 30 cm x 20 cm x 20 cm
  • Sistem pengoperasian: manual

Cara Kerja Alat Pengupas Mete

Alat pengupas mete dioperasikan secara manual. Adapun cara kerja alat ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama, letakkan gelondong mete di atas landasan cekung yang terletak pada bagian bawah alat.
  • Posisikan gelondong mete dengan bagian “perut” (bagian yang agak cekung) menghadap ke arah atas dan bagian “punggung” kacang (bagian yang cembung) menghadap ke arah bawah.
  • Gerakkan gagang alat ke arah bawah sehingga mata pisau mengarah ke gelondong mete, kemudian tekan mata pisau hingga kulit gelondong mete terbelah.
  • Pisahkan kulit atau cangkang mete dari bijinya dengan cara menggerakkan pisau ke arah samping.
  • Langkah terakhir, keluarkan biji mete yang sudah terkupas dari cekungan dengan menggunakan alat pencungkil berupa pisau kecil atau alat lainnya.

alat pengupas mete

Pada umumnya, mete diolah dengan cara digoreng atau dipanggang dalam oven. Setelah itu, mete bisa langsung dinikmati sebagai camilan atau dijadikan bahan campuran pada kue, biskuit, cokelat, dan sebagainya. Bahkan, saat ini banyak kreasi olahan kacang mete dengan aneka rasa, seperti rasa cokelat, pedas manis, keju, barbeque, dan sebagainya.

Terbukti bahwa usaha kacang mete memiliki peluang yang sangat besar dengan keuntungan yang menggiurkan, apalagi jika menggunakan alat pengupas mete. Alat ini akan membantu meningkatkan efisiensi produksi. Semakin banyak kacang utuh yang dihasilkan, semakin besar pula keuntungan yang bisa didapat, karena kacang utuh bisa dijual dengan harga lebih tinggi.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia