Menilik Cara Membuat Bubur Sumsum dari Tepung Beras

cara membuat bubur sumsum dari tepung beras

Indonesia memang kaya akan kuliner tradisional yang beraneka ragam. Salah satunya adalah bubur sumsum. Si lembut nan manis ini masih menjadi primadona diantara jajanan tradisional lainnya. Penasaran dengan cara membuat bubur sumsum dari tepung beras? Mari kita simak bersama.

Apa Itu Bubur Sumsum?

Masyarakat Jawa pasti sudah tidak asing dengan bubur sumsum ini. Jajanan tradisional yang satu ini masih bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional. Anda bahkan mulai bisa menjumpainya di pasar swalayan dengan kemasan yang lebih modern.

Bubur ini disebut sebagai bubur sumsum karena teksturnya yang lembut seperti sumsum tulang. Bukan hanya tekstur saja yang menyerupai sumsum tulang, warna putih bersih bubur ini pun juga sangat mirip.

cara membuat bubur sumsum dari tepung beras

Sebagian orang lebih menyukai bubur sumsum sebagai menu sarapan karena bubur ini terbuat dari tepung beras sehingga dapat menggantikan nasi yang merupakan makanan yang wajib ada pada sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis juga memberikan tenaga pada siapa saja yang menyantapnya.

Selain dijadikan menu sarapan, bubur sumsum ini juga sangat cocok apabila dinikmati pada cuaca terik. Rasa lembut dan manisnya bubur sumsum bercampur dengan dengan dinginnya es batu meleleh di tenggorokan dan secara otomatis memuaskan rasa dahaga dan lapar Anda.

Bubur sumsum ini juga terkenal di Solo, tetapi masyarakat Solo menyebutnya sebagai bubur lemu. Sedangkan pada beberapa daerah seperti di Yogyakarta dan sekitarnya, bubur yang putih dan lembut ini disebut sebagai bubur sumsum.

Ternyata pada zaman dahulu, bubur sumsum bukanlah jajanan tradisional yang dinikmati dengan penuh suka cita. Dulu, bubur sumsum pun tidak dinikmati dengan es batu dan gula untuk menambah rasa segar dan nikmat. Mulanya, bubur sumsum adalah makanan pada masa krisis untuk masyarakat Jawa.

Krisis yang dulu sering melanda masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan Belanda membuat masyarakat tidak dapat menikmati makanan pokok mereka yaitu beras. Untuk menyiasati hal tersebut, beras yang tinggal sedikit dimasak menjadi bubur. Tetapi, seiring berkembangnya zaman, bubur tidak lagi diidentikkan dengan makanan yang berada di bawah kasta nasi.

Bubur Sumsum dan Upacara Adat

Dibalik rasanya yang manis dan lembut, ternyata bubur sumsum bukan hanya sekedar jajanan tradisional yang digunakan untuk mengatasi rasa lapar. Bubur sumsum telah dikenal sebagai sajian khas pada upacara adat tertentu.

cara membuat bubur sumsum dari tepung beras

Pada beberapa masyarakat Jawa, bubur sumsum biasa digunakan untuk berbagai acara selamatan. Diantaranya seperti, selamatan menempati rumah baru, peringatan weton kelahiran seseorang, lepasnya tali pusar pada bayi, dan banyak acara lainnya. Tampaknya, bubur sumsum ini memang hampir tidak pernah absen dari acara selamatan masyarakat Jawa.

Selain untuk acara selamatan, bubur sumsum juga kerap dihidangkan pada acara-acara besar seperti pernikahan. Dan bukan hanya untuk ritual saja, rasa manis bubur sumsum ini juga biasa disajikan sebagai menu berbuka puasa.

Aneka Resep Bubur Sumsum dari Tepung Beras

Bahan dasar bubur sumsum adalah tepung beras. Maka dari itu sebelum membuat bubur sumsum, Anda harus mempersiapkan tepung beras terlebih dahulu. Anda dapat membeli tepung beras di toko maupun pasar swalayan terdekat.

Namun jika ingin memastikan kualitas tepung beras yang akan digunakan, Anda dapat membuat tepung beras sendiri. Berikut adalah cara membuat tepung dari beras.

Cara Membuat Tepung dari Beras

Bahan:

  • Beras
  • Tampah
  • Air
  • Ayakan
  • Mesin pembuat tepung

Cara Membuat:

  1. Siapkan sebuah wadah bersih. Masukkan beras pada wadah tersebut lalu rendam dengan air selama satu malam. Tutup wadah tersebut dengan kain bersih agar tidak ada benda yang masuk.
  2. Setelah direndam selama satu malam, tiriskan beras lalu bilas hingga bersih.
  3. Letakkan beras pada tampah dengan menyebarnya. Pastikan beras tidak terlalu rapat agar lebih cepat kering. Tutup tampah tersebut dengan serbet kering lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
  4. Apabila beras sudah kering, Anda dapat mulai menggiling beras tersebut dengan menggunakan mesin penggiling tepung. Tetapi, apabila Anda tidak memiliki mesin tersebut, Anda dapat menggilingnya di toko yang menyediakan jasa penggilingan.
  5. Setelah digiling, ayak tepung tersebut untuk memisahkan tepung yang halus dan yang masih kasar.
  6. Giling kembali tepung yang masih kasar.
  7. Jika semua beras sudah digiling dan hasilnya sudah halus, maka Anda dapat menyimpannya dalam wadah tertutup seperti toples.

Resep Bubur Sumsum

Bubur sumsum dapat dipadukan dengan bubur yang lain. Sebelum memadukannya dengan bahan yang lain, sebaiknya Anda membuat bubur sumsum dulu sebagai dasarnya. Berikut cara membuat bubur sumsum yang sederhana dan lezat.

cara membuat bubur sumsum dari tepung beras

Bahan:

  • 100 gram tepung beras
  • 6 lembar daun pandan
  • 850 ml santan
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Siapkan 650 ml santan. Bagi santan tersebut menjadi dua gelas.
  2. Rebus satu gelas santan yang sudah dibagi tadi dengan 5 lembar daun pandan. Rebus santan dan daun pandan dengan api kecil. Aduk santan secara terus menerus agar santan tidak pecah.
  3. Sembari menunggu santan yang sedang direbus, masukkan tepung beras dan satu sendok teh garam pada sebuah wadah lalu tuangkan santan yang ada pada gelas satunya. Aduk campuran santan dan tepung beras hingga adonan tidak menggumpal lagi.
  4. Masukkan adonan tadi ke dalam santan yang sedang direbus sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Matikan api ketika semua adonan sudah tercampur rata lalu angkat dan dinginkan.
  5. Pada wadah yang lain, masak gula merah yang sudah dicicang halus. Gunakan api kecil ketika memasak gula tersebut. Masukkan air secukupnya dan daun pandan. Aduk sampai gula larut dengan sempurna.
  6. Untuk kuah bubur sumsum, rebus sisa 200 ml santan hingga mendidih.
  7. Bubur sumsum siap disajikan dengan cara ambil adonan bubur, letakkan pada sebuah mangkok kecil kemudian siram dengan gula merah dan kuah santan.

Resep Bubur Sumsum Tanpa Santan

Jika bubur sumsum yang dimasak dengan menggunakan santan dirasa sudah mulai biasa dan membosankan atau bahkan Anda tidak menyukai makanan bersantan,tidak perlu khawatir! Anda masih dapat menikmati lezat dan manisnya bubur sumsum meskipun tidak menggunakan santan dalam proses memasak maupun menyajikannya.

Bahan:

  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram krimer
  • 400 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan

Bahan untuk Kuah:

  • 200 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 250 ml air

cara membuat bubur sumsum dari tepung beras

Cara Membuat:

  1. Cairkan krimer dengan 400 ml air.
  2. Masukkan tepung beras ke dalam panci lalu masukkan setengah dari krimer yang sudah dicairkan (kurang lebih 200 ml). Aduk hingga merata.
  3. Masak sisa krimer yang sudah dicairkan bersama dengan daun pandan dan garam. Masak hingga mendidih.
  4. Ketika krimer mendidih, masukkan tepung yang sudah dicairkan. Aduk tepung dan krimer hingga mengental. Angkat dan dinginkan.

Cara Membuat Kuah Bubur Sumsum:

Rebus gula merah yang sudah disisir tipis, gula pasir, dan garam. Aduk campuran tersebut hingga merata.

Resep Bubur Sumsum Candil

Bubur sumsum memang salah satu bubur yang dapat dipadukan dengan bahan tambahan apa saja termasuk candil. Bubur sumsum yang ditambah dengan candil sering dijumpai di beberapa tempat seperti di pasar tradisional atau di pinggir jalan. Biasanya bubur sumsum candil dihidangkan bersama dengan es batu untuk menambah rasa segar.

Penasaran bagaimana cara membuat bubur sumsum candil yang manis, lembut, dan ada sensasi kenyal? Berikut adalah cara membuatnya.

Bahan untuk Bubur Sumsum:

  • 100 gram tepung beras
  • 6 lembar daun pandan
  • 650 ml santan. Bagi ke dalam dua gelas yang sama banyak
  • 1 sendok teh garam

Bahan untuk Candil:

  • 300 gram tepung ketan
  • 50 gram nangka dicincang kasar
  • 250 gram gula merah yang sudah disisir halus
  • 300 gram kacang tanah lalu disangrai
  • 300 cc santan
  • 400 cc air
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Bubur Sumsum:

  1. Rebus satu gelas santan dengan api kecil. Masukkan 5 lembar daun pandan. Aduk secara terus menerus agar santan tidak pecah.
  2. Siapkan wadah. Masukkan tepung beras dan santan yang berada pada gelas yang satunya lagi. Aduk campuran tepung beras dan santan hingga tepung tidak menggumpal. Jangan lupa tambahkan garam.
  3. Masukkan adonan tepung beras ke dalam santan yang sedang direbus tadi. Aduk secara merata hingga tidak ada lagi gumpalan dan adonan tercampur rata. Apabila sudah tercampur, matikan api. Angkat bubur sumsum dan dinginkan.

cara membuat bubur sumsum dari tepung beras

Cara Membuat Candil:

  1. Masukkan tepung ketan ke dalam wadah yang telah disiapkan. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  2. Bentuk adonan bulat-bulat kemudian isi bulatan tersebut dengan kacang tanah.
  3. Rebus air hingga mendidih. Apabila sudah mendidih, masukkan bulatan-bulatan candil tadi ke dalam air yang mendidih hingga candil mengapung. Jika sudah mengapung, angkat candil dan tiriskan.
  4. Siapkan wadah berisi air matang kemudian rendam candil ke dalam air tersebut.
  5. Rebus air, gula merah, dan pandan. Aduk secara merata hingga gula benar-benar larut.
  6. Angkat dan saring rebusan gula.
  7. Rebus kembali cairan gula yang sudah disaring tadi. Masukkan candil dan nangka. Jangan merebusnya terlalu lama.
  8. Bubur sumsum candil siap disajikan dengan cara ambil adonan bubur sumsum kemudian tuangkan cairan gula merah dan candil diatasnya. Anda juga bisa menambahkan es batu sesuai selera.

Resep Bubur Sumsum Mutiara

Warna putih bubur sumsum yang bersih dipadukan dengan warna merah jambu mutiara yang cerah sungguh dapat menggugah selera. Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuatnya.

Bahan:

  • 100 gram tepung beras
  • 200 gram mutiara
  • 850 ml santan
  • 6 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh

Cara Membuat:

  1. Siapkan 650 ml santan lalu bagi santan tersebut ke dalam dua gelas.
  2. Rebus satu gelas santan bersama 5 lembar daun diatas api kecil. Aduk secara terus menerus agar santan tidak pecah.
  3. Siapkan wadah. Masukkan tepung beras, garam, dan santan yang ada pada gelas yang satunya lagi. Aduk hingga tepung tidak menggumpal.
  4. Masukkan adonan tepung ke dalam santan yang sedang direbus sambil diaduk. Jika bubur tidak menggumpal, matikan api. Angkat bubur dari kompor.
  5. Masak gula merah yang sudah disisir halus bersama dengan selembar daun pandan dan air secukupnya. Matikan api jika gula sudah larut.
  6. Rebus sisa santan untuk kuahnya.
  7. Rebus air sampai benar-benar mendidih. Masukkan mutiara dan tunggu hingga berubah warna dan mengental.
  8. Bubur sumsum siap disajikan dengan dituangkan mutiara, gula merah, dan kuah santan.

Cara membuat bubur sumsum dari tepung beras ternyata mudah, bukan? Anda pun pasti dapat membuatnya sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia