Meat Bowl Cutter adalah untuk mencincang sekaligus mencampur bahan-bahan makanan. Dalam hal produksi bakso, maka alat ini sangat berguna dalam menggiling daging dan mencampurnya dengan bumbu-bumbu yang dibutuhkan.

Showing all 2 results

Mengolah daging bukanlah pekerjaan mudah karena bahan makanan ini memiliki serat yang cukup alot. Alih-alih mengolah dengan cara trandisional, Anda lebih membutuhkan alat yang jauh lebih praktis, salah satunya adalah mesin bowl cutter. Bowl cutter merupakan salah satu alat yang sudah sering digunakan dalam industri makanan, khususnya dalam usaha pembuatan bakso. Dengan mesin ini, pembuatan adonan bakso jadi jauh lebih mudah dan praktis bahkan bisa menghemat waktu dan tenaga.

Bowl Cutter untuk Membuat Bakso

Fungsi utama dari mesin bowl cutter adalah untuk mencincang sekaligus mencampur bahan-bahan makanan. Dalam hal produksi bakso, maka alat ini sangat berguna dalam menggiling daging dan mencampurnya dengan bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Bowl cutter memiliki pisau yang sangat tajam sehingga dapat menghancurkan serat daging dengan mudah. Tidak seperti penggiling daging tradisional, bowl cutter bekerja secara elektrik atau menggunakan listrik sehingga semuanya serba otomatis.

Penggilingan juga dilakukan secara berulang-ulang sampai daging benar-benar halus dan tercampur merata dengan bahan lainnya. Wadah penampungnya yang besar memungkinkan Anda untuk membuat adonan dalam jumlah yang cukup banyak. Tak hanya bakso, mesin bowl cutter juga dapat digunakan untuk membuat adonan makanan lain, misalnya siomay. Seperti yang diketahui, pembuatan siomay memang tak jauh beda dengan bakso dan butuh alat yang benar-benar praktis layaknya bowl cutter. Jadi apapun usaha Anda, bila membutuhkan penggiling otomatis untuk memudahkan pekerjaan, maka bowl cutter bisa jadi solusi yang paling tepat.

Harga Bowl Cutter.

Bowl cutter tersedia dalam berbagai jenis yang tentunya memiliki harga berbeda-beda. Setiap tipenya dibedakan berdasarkan volume wadah untuk menampung bahan, daya listrik yang digunakan, serta kapasitas produksi yang dihasilkan. Kapasitas produksi bowl cutter memang cukup beragam, mulai dari 25-1000kg/jam. Namun apabila berminat untuk membelinya, pastikan untuk memilih mesin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk usaha skala kecil, Anda sebaiknya memilih bowl cutter dengan kapasitas produksi 25-40kg/jam. Selain lebih murah, mesin ini juga lebih ringan dan tidak membutuhkan daya listrik yang terlalu besar. Lain halnya bila Anda menjalankan usaha yang lebih besar, pilihlah mesin bowl cutter yang memiliki kapasitas produksi tinggi. Dengan mesin jenis ini, maka produksi makanan dijamin lebih mudah dan cepat sehingga bisnis bisa makin menguntungkan.

Perawatan Mesin Bowl Cutter

Sama seperti mesin daging pada umumnya, bowl cutter juga membutuhkan perawatan rutin agar bisa terus bekerja secara optimal. Namun Anda jangan khawatir karena bowl cutter terbuat dari bahan stainless steel, jadi perawatan mesin ini tidaklah terlalu sulit. Pastikan untuk selalu membersihkan bowl cutter setiap mesin ini selesai digunakan. Sisa daging dan lemak yang tidak segera dibersihkan tidak hanya akan mengotori mesin, tapi juga menimbulkan bau sehinga dapat mempengaruhi kualitas hasil produksi selanjutnya.

Tak hanya itu, meski alat ini bisa dipakai berulang-ulang, sisa adonan yang lengket dan tidak segera dibersihkan lama-lama bisa mengeras. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kinerja alat karena komponen mesin bowl cutter bisa macet dan lebih cepat rusak. Cara membersihkan bowl cutter sangatlah sederhana. Anda tinggal melepas beberapa komponen mesin seperti pisau dan wadah penampung lalu mencucinya sampai bersih. Agar lebih maksimal, komponen yang bisa dilepas sebaiknya direndam di air panas.

Hal ini bertujuan agar sisa adonan yang masih menempel bisa lepas dengan mudah. Anda juga bisa menyikatnya untuk mempercepat proses pembersihan. Setelah cukup bersih, cuci dengan sabun dan bilas sampai bersih.  Keringkan seluruh permukaan mesin dengan lap dan simpan di tempat yang tidak terlalu lembab. Apabila tidak digunakan dalam waktu lama, tutup mesin dengan kain bersih agar terhindar dari debu. Membersihkan mesin bowl cutter ternyata tidak terlalu susah, bukan? Mengingat fungsinya yang benar-benar menguntungkan, tak ada salahnya memilih mesin yang satu ini untuk menunjang bisnis kuliner Anda.