Mesin Kopi berfungsi untuk menyajikan kopi yang siap minum, baik dengan mengolahnya dari biji kopi maupun sudah berupa bubuk kopi. Cara kerja mesin ini seperti dispenser air secara umum. Jika pada dispenser dipasang pemanas air untuk menghasilkan air panas, pada mesin kopi terdapat alat-alat untuk menghasilkan secangkir kopi nikmat.

Mesin Kopi Categories

Showing 1–24 of 64 results

Dewasa ini di tanah air, usaha kuliner yang banyak digemari adalah warung kopi. Terlebih warung kopi kekinian kini sudah naik level menjadi kafe. Menjamurnya warung kopi bercita rasa kafe atau yang tenar dengan sebutan coffee house ini, membuat mesin kopi laris di pasaran.  Mesin kopi adalah alat untuk membuat sajian minuman kopi. Mesin ini dapat membuat beraneka macam minuman kopi dengan aneka rasa.Mulai dari espresso dengan rasa pahit alami kopi, sampai cappuccino yang mengawinkan kopi dengan krim juga susu.

Fungsi dan Manfaat Mesin Kopi

Mesin kopi berfungsi untuk menyajikan kopi yang siap minum, baik dengan mengolahnya dari biji kopi maupun sudah berupa bubuk kopi. Cara kerja mesin ini seperti dispenser air secara umum. Jika pada dispenser dipasang pemanas air untuk menghasilkan air panas, pada mesin kopi terdapat alat-alat untuk menghasilkan secangkir kopi nikmat.  Alat kelengkapan yang terpasang pada sebuah mesin kopi pun bervariasi, tergantung jenis mesin kopi yang dipilih. Ada mesin yang di dalamnya terdapat penggiling (grinder), sehingga pembuat kopi (barista) tinggal memasukkan biji kopi kemudian langsung keluar menjadi minuman kopi.  Ada pula yang berbentuk semi otomatis, biasanya untuk menyajikan secangkir espresso. Mesin ini tidak memiliki grinder, sehingga barista harus mempunyai bubuk kopi saat hendak membuat espresso. Namun, ada pula versi otomatisnya yang sudah memiliki grinder di dalamnya.  Pada mesin kopi juga biasanya terdapat pengaduk atau mixer. Fungsinya sama seperti mixer dapur, yaitu untuk mencampur rata semua bahan pembuat kopi. Dengan alat ini, semua bahan dapat menyatu dan menghasilkan secangkir kopi yang nikmat.

Keberadaan mesin kopi tentunya memiliki sarat manfaat. Prosesnya yang serba canggih dan otomatis, membuat para barista dapat menghemat banyak waktu dan tenaga saat hendak menyuguhkan secangkir kopi pesanan pelanggan. Mereka cukup memasukkan kopi yang diinginkan, memencet serangkaian tombol pada mesin, dan tersajilah kopi siap minum.  Bahan pembangun mesin kopi yang didominasi oleh baja anti karat (stainless steel) juga dapat menjamin kebersihan kopi yang disajikan. Tidak hanya bersih, namun juga higienis. Bentuk mesin ini juga cukup kecil dan ringkas, sehingga tidak memakan banyak tempat di dapur barista.

Cara Merawat Mesin Kopi

Untuk menjaga kualitas secangkir kopi yang dihasilkan, tentu saja mesin kopi harus dirawat dengan baik. Perawatan paling sederhana adalah dengan rutin membersihkannya. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan mesin kopi Anda:

  1. Siapkan cuka dan air bersih. Kondisi asam pada cuka dapat membantu mengangkat sisa-sisa minyak dan mineral kopi. Keduanya jika dibiarkan mengendap akan mempengaruhi kualitas minuman kopi yang dihasilkan.
  2. Buat campuran cuka dan air dengan persentase sesuai dengan volume mesin kopi. Jika volume mesin kopi adalah 2 liter, maka sediakan cuka 1 liter dan air bersih 1 liter. Kemudian, campurkan 50 persen air dan 50 persen cuka putih ke dalam wadah.
  3. Letakkan penyaring (filter) yang masih dalam keadaan bersih dan kosong dalam filter basket mesin kopi. Lalu tuang campuran cuka dan air tadi ke dalam mesin kopi, dan seduh campuran tersebut seperti saat membuat kopi. Setelah itu, biarkan campuran tersebut ada di dalam mesin kopi selama minimal 10 menit. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bagian bawah mesin dan wadah kopi. Kemudian, buang campuran cuka dan air tersebut.
  4. Ulangi nomor tiga di atas dengan cuka dan air bersih yang tersisa (50%). Lalu bilas mesin kopi dengan air bersih. Cara membilasnya pun dengan menyeduh air tersebut seperti menyeduh kopi. Lakukan berulang-ulang hingga rasa cuka benar-benar hilang.

Anda juga dapat menggunakan alat khusus untuk membersihkan mesin kopi. Biasanya tersedia di toko yang menjual mesin kopi tersebut.

Harga Mesin Kopi

Di pasaran, harga mesin kopi pun bervariasi sesuai jenis mesin kopi yang Anda inginkan. Sebagai gambaran, mesin kopi yang didalamnya lengkap tersedia grinder dan mixer dibanderol seharga 31 juta. Harga tersebut dikeluarkan oleh brand ternama dengan kualitas terbaik dan teknologi terkini.  Ada beragam jenis mesin kopi yang beredar di pasaran. Harga jual mesin-mesin ini terbilang tinggi, tapi sebanding dengan nilai investasi bila Anda ingin membuka usaha kedai kopi yang bermutu.