Coffee Machine Dari beragam jenis minuman kopi, yang paling banyak dibuat menggunakan mesin adalah kopi espresso. Ini karena espresso merupakan kopi murni. Cara membuatnya pun cukup dengan mencampurkan kopi dengan air panas, dan gula sesuai selera. Kualitas biji kopi pun dapat dirasakan dengan menyeduhnya menjadi espresso.

Showing 1–24 of 43 results

Nilai tambah sebuah kedai kopi atau coffee shop selain rasa kopi dan tempat yang nyaman adalah fasilitas yang dimilikinya. Dengan kata lain, sebuah kedai yang mumpuni memerlukan coffee machine yang andal. Terlebih kini telah banyak jenis coffee machine yang menawarkan kemudahan dalam membuat kopi. Mesin kopi adalah alat kekinian yang dapat membuat kopi secara otomatis. Dengan demikian, Anda cukup memasukkan bahan-bahan pembuat kopi ke dalam mesin tersebut.  Pencet beberapa tombol dan secangkir kopi hangat pun mengalir ke cangkir Anda. Keberadaan mesin kopi ini tentulah sangat bermanfaat. Tidak hanya untuk kedai kopi, namun juga dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga. Dengan mesin seperti ini, Anda bisa menghemat banyak tenaga dan waktu untuk membuat kopi. Mesin kopi kontemporer juga telah dilengkapi banyak fitur mutakhir untuk mendukung penampilannya. Bahan pembangunnya yang mayoritas terdiri dari baja anti karat membuat mesin ini awet dan kopi yang dihidangkan pun higienis. Jenis Mesin Kopi Dari beragam jenis minuman kopi, yang paling banyak dibuat menggunakan mesin adalah kopi espresso. Ini karena espresso merupakan kopi murni. Cara membuatnya pun cukup dengan mencampurkan kopi dengan air panas, dan gula sesuai selera. Kualitas biji kopi pun dapat dirasakan dengan menyeduhnya menjadi espresso. Bisa dikatakan, espresso adalah dasarnya minuman kopi. Di pasaran tanah air sendiri terdapat beragam jenis coffee machine pembuat espresso. Berikut adalah uraiannya:
  1. Coffee Machine Bean to Cup
Sederhananya, cara kerja mesin ini adalah menyulap biji kopi menjadi kopi siap minum. Mesin kopi ini memiliki fitur lengkap dari mesin pengolah kopi. Dari penggiling (grinder), penyangrai (roaster), sampai pencampur (mixer) semua terdapat dalam satu mesin ini. Mesin ini juga bekerja secara otomatis dengan menekan tombol-tombol yang tersedia.
  1. Coffee Machine Manual
Sesuai namanya, meski berwujud mesin, namun mesin kopi jenis ini tetap membutuhkan tenaga manusia. Mesin ini cocok untuk Anda yang ingin belajar menjadi barista profesional. Mesin kopi manual akan melatih Anda untuk terampil dalam menyiapkan secangkir kopi. Soalnya. mesin ini hanya membantu mengekstraksi dan menyeduh kopinya saja. Anda harus menggiling bubuk kopi sendiri. Kemudian lakukan tamping atau pemadatan bubuk kopi pada portafilter mesin. Ini bertujuan agar semua bubuk bersatu dengan erat. Selanjutnya lakukan pengaturan suhu air, pengaturan tekanan, dan pengendalian waktu untuk mengekstraksi bubuk kopi menjadi secangkir espresso nikmat.
  1. Coffee Machine Otomatis
Jenis coffee machine ini merupakan kebalikan dari mesin manual di atas. Cara kerjanya hampir sama seperti jenis bean to cup, hanya saja tidak ada grinder atau penggiling kopi di dalamnya. Untuk menyiapkan kopi dengan mesin ini, Anda terlebih dahulu harus menyediakan kopi yang telah berbentuk bubuk. Masukkan bubuk kopi sesuai kebutuhan, tekan beberapa tombol, dan mesin pun bekerja untuk Anda. Tunggu beberapa saat, kopi nikmat pun siap terhidang.
  1. Coffee Machine Semi Otomatis
Mesin ini pertengahan antara mesin otomatis dengan mesin manual. Pada beberapa langkah awal, Anda tetap harus melakukan persiapan secara mandiri, yaitu pada tahap grinding atau penggilingan dan tamping atau pemadatan bubuk kopi. Selanjutnya akan dikerjakan mesin hingga kopi tersaji. Mesin ini terdiri dari dua jenis, yaitu programmable doses dan manual control. Mesin jenis pertama, mesin dapat berhenti sendiri jika sudah mencapai takaran yang ditentukan. Namun pada jenis kedua, mengharuskan Anda mematikan mesin sejenak setelah bubuk kopi dituang ke dalam mesin. Ia akan membutuhkan waktu sekitar 20-30 detik untuk ekstraksi.
  1. Coffee Machine Profesional
Pada jenis coffee machine terakhir ini, steam boiler biasanya dibuat terpisah untuk mendukung proses produksi yang lebih cepat. Menariknya, mesin kopi berbadan besar ini dilengkapi dengan satu atau lebih group head. Bentuknya yang besar dan kokoh ini sesuai dengan daya tahannya yang juga tinggi. Cara mengoperasikannya juga tidak mudah, dibutuhkan pengetahuan yang dalam seperti seorang barista profesional. Semua jenis coffee machine di atas bisa Anda dapatkan di Ramesia Mesin. Sebelum memilih, pastikan Anda telah mengukur bujet yang dimiliki.