Spiral Mixer berfungsi untuk mengaduk dan mencampur adonan roti dalam jumlah banyak.manfaat Spiral Mixer, selain adonan jadi lebih halus dan merata, Dan tidak akan terburu-buru untuk membuat roti atau kue dalam jumlah banyak.

Showing 1–24 of 25 results

Pernah menggunakan mesin Spiral mixer? Mendengar namanya saja mungkin akan membuat rasa penasaran muncul. Bagi yang sudah tahu (dan mungkin memilikinya), mesin ini adalah alat yang berguna untuk mencampur adonan.  Bedanya mesin ini dengan mesin-mesin lain terkait pembuatan kue dan roti juga ada. Mesin spiral mixer berfungsi untuk mengaduk dan mencampur adonan roti dalam jumlah banyak. Jadi, mesin ini sangat cocok untuk Anda yang membuka usaha toko roti dan kue-kue. Setelah dinyalakan, mesin akan bekerja. Anda akan melihat bagian bowl dan hook bergerak secara bersamaan. Proses inilah yang kemudian akan membuat adonan yang diaduk menjadi lembut dan rata. Kedua bagian ini juga tidak bisa dilepas satu dengan yang lain. 

Mesin spiral mixer juga ada yang berkecepatan rendah dan tinggi. Kecepatannya bisa diatur sesuai keinginan Kapasitasnya juga berbeda-beda, yaitu: 8 kg, 12 kg, 15 kg, 50 kg, 75 kg, 100 kg, dan 125 kg.

Manfaat Mesin Spiral Mixer

Lalu, apa manfaat mesin spiral mixer? Yang pasti, selain adonan jadi lebih halus dan merata, Anda tidak akan lagi terburu-buru untuk membuat roti atau kue dalam jumlah banyak. Kecepatan rendah pada mesin berguna untuk awal pengadukan dan pencampuran adonan.

Fungsi Mesin Spiral Mixer

Ternyata, mesin ini tidak hanya untuk mencampur dan mengaduk adonan pembuat roti, kue, maupun yoghurt. Beberapa jenis makanan lain yang juga bisa dibuat dengan mesin ini termasuk pizza, donat, bakpao, mi basah, dan pasta.

Cara Merawat Mesin Spiral Mixer

Setelah mengetahui cara kerja hingga fungsinya, Anda perlu mengetahui cara perawatan mesin spiral mixer. Cara merawat mesin ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut ini adalah poin-poin penting terkait perawatan mesin spiral mixer:

  1. Bacalah buku panduan dengan benar saat baru membeli mesin ini. Rata-rata banyak yang melewatkan langkah ini dan baru panik begitu mesin bermasalah.
  2. Cocokkan daya pada mesin ini dengan tegangan listrik (dalam satuan volt) di rumah Anda. Hal ini untuk mencegah korslet saat penggunaan, sehingga membuat mesin cepat rusak.
  3. Selesai pemakaian, segera cabut stop kontaknya.
  4. Jangan menggunakan mesin spiral mixer ini terlalu lama. Bila mulai terasa panas, segera matikan dan cabut stop kontaknya. Berilah jeda sekitar seperempat jam (15 menit) sebelum memakainya lagi. Hal ini untuk mencegah lilitan motor pada mesin terbakar akibat terlalu panas.
  5. Selesai menggunakan mesin, bersihkan segera dengan kain lap yang lembab dan lembut. Jangan tunggu hingga sisa adonan menempel dan mengeras. Untuk bagian pemutar spiralnya, cucilah dengan air sabun cuci piring. Pilihlah aroma jeruk atau lemon agar baunya hilang.
  6. Keringkan mesin spiral mixer dengan benar. Untuk mencegah debu menempel, simpan mesin ini dalam kardus atau tempat tertutup lainnya yang bersih. Cara ini juga dapat menghindari kemungkinan berkarat pada gagang mixer.
  7. Untuk mangkuk pengaduk, gunakan mesin cuci piring atau mencuci secara manual. Gunakan spons atau sikat gigi. Sikat gigi berguna untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit tercapai oleh spons.
  8. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan jangan sampai jatuh atau terbentur.
  9. Lumasi bagian motor pada mesin spiral mixer. Lebih baik lagi bila Anda melakukan ini sebelum menggunakan mesin untuk mengaduk adonan. Jadinya mesin akan lebih lancar saat digunakan.

Berburu Mesin Spiral Mixer

Untuk mendapatkan mesin spiral mixer yang berkualitas tinggi, Anda memang harus berinvestasi lebih banyak. Beberapa mesin ini berharga sekitar delapan hingga 81 setengah juta rupiah. Meskipun harganya cukup fantastis, tetapi layak untuk dipertimbangkan bila Anda ingin memulai usaha bakery yang mumpuni.