Ikan Tenggiri – Ciri Fisik, Manfaat, Olahan, dan Resep (Bahasan Lengkap)

ikan tenggiri

Ikan Tenggiri adalah nama sekelompok ikan yang memiliki nama latin Scomberomorus dan termasuk ke dalam kelompok suku scombridae. Ikan Tenggiri ternyata juga memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan ikan tuna, ikan tongkol, madidihang, makarel, dan juga ikan kembung.

Berbagai kuliner pun bisa dihasilkan dengan menggunakan bahan dasar dari daging ikan tenggiri ini seperti siomay, kerupuk, pempek, dan berbagai jenis kuliner lainnya.

Pengertian Umum Tentang Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri memiliki tekstur daging yang memiliki banyak kandungan serat. Karena memiliki kandungan serat yang tinggi ini lah, orang seringkali mengolah daging ikan tenggiri dengan cara mengolahnya untuk dijadikan sebagai fillet.

Duri yang terdapat di dalam ikan ini pun terbilang cukup mudah untuk dipisahkan dari dagingnya, hal ini karena duri ikan tersebut memiliki ukuran yang lumayan besar. Namun, Anda harus sedikit berhati-hati dalam proses memisahkan duri dan daging ikan tersebut, karena jika tidak berhati-hati, tangan anda bisa terluka.

Daging ikan ini pun dijadikan sebagai bahan dasar dan bahan utama dalam proses pembuatan kuliner khas kota Palembang, yaitu pempek. Dalam membuat pempek pun daging yang digunakan haruslah daging yang sudah bersih dan sudah dipisahkan antara duri dan dagingnya, agar proses menguleni dengan tepung terigu bisa lebih mudah untuk dilaksanakan.

Ciri Fisik Ikan Tenggiri

ikan tenggiri
Fizmart.com

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu ikan tenggiri, ikan ini adalah salah satu jenis ikan yang memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar, tidak seperti ikan lain, ikan ini tidak memiliki sisik pada bagian tubuhnya. Ikan ini memiliki warna tubuh abu-abu dan jika dilihat baik-baik pun ada sedikit efek mengkilat pada tubuhnya.

Ikan tenggiri dewasa biasanya memiliki ukuran atau panjang tubuh yang bisa mencapai hingga 220 cm, memiliki bentuk moncong yang runcing, mulut dari ikan ini pun memilki ukuran yang cukup lebar serta dilengkapi dengan deretan gigi tajam.

Manfaat Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri ternyata memiliki kandungan gizi yang banyak serta tinggi. Kandungan gizi yang tinggi ini lah yang membuat ikan tenggiri sering dikonsumsi karena dapat memberikan efek yang sangat baik untuk tubuh orang yang mengkonsumsi daging ikan ini, terutama untuk wanita yang sedang hamil.

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam daging ikan ini adalah protein dan lemak omega 3 dengan kadar yang tinggi dan menyehatkan tentunya. Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari seringnya mengkonsumsi daging ikan tenggiri ini pun sangat banyak.

Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan, antara lain adalah untuk menjaga kesehatan otak, mampu mengobati dan mengurangi resiko terkena penyakit atau gangguan pada saluran kemih, bisa mengurangi resiko terkena penyakit radiovaskular, kanker, depresi, menyembuhkan penyakit eksim, dan sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena daging ikan ini mengandung MineralAA dan DHA yang sangat tinggi.

Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, maka efek yang didapatkan oleh janin yang sedang berada di kandungan adalah tumbuh kembang otak yang sangat baik dan dibutuhkan calon bayi dalam masa pertumbuhannya, baik saat di dalam rahim, ataupun ketika sudah lahir nanti.

Cita Rasa Ikan Tenggiri

Bagi anda yang belum pernah mengkonsumsi ikan tenggiri secara utuh dan belum diolah menjadi berbagai jenis makanan mungkin bertanya tanya, seperti apakah cita rasa yang dimiliki oleh ikan yang memiliki banyak manfaat ini?

Jika anda belum tahu, ikan tenggiri ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan ada sedikit rasa manis di dalam dagingnya. Karena cita rasa inilah masyarakat palembang sering menggunakan daging tenggiri sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai kuliner yang tentu saja sangat menggugah selera makan siapa pun yang melihatnya.

Beberapa jenis makanan atau kuliner yang bisa dihasilkan dari daging tenggiri adalah pempek, tekwan, model, dan kerupuk yang tentu saja menggunakan daging ikan tenggiri sebagai bahan baku utama pembuatannya.

Apakah Anda penasaran dengan proses pembuatan kuliner yang berbahan dasar daging tenggiri ini? Sebenarnya untuk memproses daging ikan ini tidak terlalu sulit, terutama jika anda ingin membuat pempek atau tekwan.

Syarat utama agar daging ikang tenggiri bisa diolah untuk menjadi pempek adalah daging tersebut haruslah sudah dalam keadaan bersih, dan sudah dilakukan pemisahan antara duri dan daging dari ikan tersebut. Bumbu-bumbu yang Anda butuhkan pun terbilang cukup mudah untuk didapatkan dan bisa dibeli dimanapun.

Cara Mengolah Daging Ikan Tenggiri

Setelah mengetahui beberapa hal tentang tenggiri yang telah penulis jabarkan di atas, mungkin anda penasaran dan ingin mencoba untuk membuat berbagai olahan makanan yang berbahan dasar daging ikan ini namun sedikit kebingungan dan tidak tahu cara mengolahnya dengan baik dan benar.

Hal pertama yang perlu anda ketahui adalah, penyimpanan ikan tenggiri harus dilakukan secara tepat, karena daging ikan ini termasuk daging yang sangat cepat membusuk dan tentunya akan menimbulkan bau amis yang sangat tidak mengenakkan. Namun jika Anda dapat menyimpan daging ikan ini dengan baik, maka daging ini pun bisa bertahan sampai dengan 6 bulan lamanya.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara mengolah daging ikan tenggiri, bisa melihat caranya di bawah ini:

  • Pilihlah daging ikan tenggiri yang masih segar. Caranya adalah dengan melihat warna tubuhnya, jika masih cerah maka ikan ini masih segar dan bagus
  • Lakukan sedikit penekanan pada bagian badan ikan tenggiri, jika masih terasa keras, maka ikan ini masihlah segar
  • Perhatikan bagian mata dari ikan tersebut, jika mata masih berbentuk bulat dan cembung serta jernih, maka ikan ini masih sangat bagus
  • Jangan lupa untuk periksa bagian sisik, jika masih segar maka sisiknya pun hanya ada sedikit yang terkelupas, dan juga periksa bagian sirip. Jika masih kuat, maka ikan ini segar
  • Lihat dan periksa bagian insang. Ikan yang segar memiliki insang berwarna merah dan tidak berwarna hitam
  • Pastikan bahwa ikan tenggiri yang akan anda beli tidak berlendir dan tidak memiliki bau busuk
  • Jika anda ingin melakukan penyimpanan ikan di rumah, maka bersihkan lebih dulu ikan tersebut, lalu simpan di dalam plastik atau wadah kedap udara, dan simpan di lemari es

Harga Ikan Tenggiri Menurut Olahan dan Tempat Penjualnya

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan potensi serta kegunaan ikan tenggiri yang bisa digunakan sebagai bahan dasar berbagai olahan makanan ini mungkin anda penasaran mengenai harga dari ikan ini. Mengingat kandungan gizi yang terkandung di dalam daging ikan ini sangat tinggi, maka rasanya wajar jika ikan ini dihargai dengan nilai yang cukup tinggi.

Harga Ikan Tenggiri Giling

ikan tenggiri
Radarbangka.co.id

Biasanya banyak orang yang mencari daging ikan tenggiri yang sudah diolah dan tidak memiliki bentuk ikan yang masih utuh. Biasanya orang lebih banyak mencari daging ikan tenggiri yang sudah digiling agar mereka tidak perlu merasa repot untuk kembali mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan lain.

Daging ikan tenggiri giling ini biasanya dicari untuk dijadikan sebagai bahan dasar makanan lain seperti pempek, siomay, bakso, dan berbagai jenis makanan lainnya yang memiliki bahan dasar pembuatannya menggunakan daging ikan. Daging ikan tenggiri yang sudah diolah dengan cara digiling ini pun biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Proses pembuatan daging olahan ikan tenggiri giling ini pun dilakukan dengan cara membuang kepala ikan, kulit, dan bagian tulangnya terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah menggiling daging ikan tersebut dengan menggunakan alat.

Untuk 1 kg daging ikan tenggiri giling ini pun biasanya dihargai Rp 130.000, dan jika Anda mencarinya di toko online maka Anda bisa mendapatkan harga Rp 120.000 untuk 1 kg.

Harga Ikan Tenggiri Fillet

Olahan daging ikan tenggiri ini memiliki bentuk daging yang tipis tanpa duri, dengan kata lain anda tidak perlu repot-repot memisahkan daging dan duri dari ikan yang satu ini. Dengan bentuk daging yang sudah diolah seperti ini, tentu saja memberikan kita kemudahan untuk memproses daging ini lebih lanjut agar bisa menjadi makanan dengan cita rasa nikmat.

Harga yang dimiliki oleh 1 kg daging ikan tenggiri fillet ini lebih mahal jika dibandingkan dengan harga ikan tenggiri yang masih segar dan berbentuk ikan utuh. Mungkin hal ini dikarenakan dalam 1 kg daging ikan tenggiri fillet, membutuhkan daging ikan tenggiri segar sebanyak 1.5 kg.

Jika anda berminat untuk membeli daging ikan yang sudah diolah menjadi fillet ini, maka uang yang harus anda keluarkan untuk 1 kg nya adalah Rp 110.000. Meskipun terasa agak sedikit mahal untuk ukuran sebuah daging ikan, namun rasa dan kandungan gizi yang ada di dalam daging tersebut rasanya setimpal dengan uang yang harus kita keluarkan karena sangat cocok dan baik untuk pertumbuhan anak.

Harga Ikan Tenggiri di Supermarket

Jika anda memiliki tempat tinggal yang jauh dari pantai atau pasar ikan yang biasa menyediakan dan menjual ikan tenggiri, maka anda bisa mencari daging ikan tersebut di beberapa supermarket yang berada di sekitar tempat anda tinggal.

Salah satu supermarket yang menyediakan daging ikan ini adalah Carefour. Jika berbicara harga yang ditawarkan untuk 1 kg daging ikan tenggiri, tentu saja akan lebih mahal jika dibandingkan dengan harga yang bisa kita dapatkan jika kita membeli ikan ini di pasar ikan.

Namun, daging ikan yang mereka miliki dan jual di dalam kemasan ini tentu saja memiliki rasa, dan kualitas yang lebih baik. Harga yang ditawarkan untuk 1 kg daging ikan tenggiri yang sudah dikemas dalam sebuah kemasan ini sekitar Rp 120.000. Tertarik untuk membelinya?

Harga Ikan Tenggiri di Muara Angke

Bagi anda yang tinggal di daerah kota Jakarta dan sekitarnya pasti tidak asing lagi dengan pelabuhan serta pasar ikan yang satu ini, yaitu Muara Angke. Muara Angke sendiri adalah salah satu pusat penjualan yang termasuk ke dalam pasar ikan laut terbesar yang ada di Kota Jakarta.

Jadi jika anda ingin membeli ikan tenggiri dengan harga yang jauh lebih murah dari pada harga di supermarket, maka Muara Angke adalah tempat yang tepat untuk menjadi pilihan anda. Berikut ini adalah daftar harga ikan tenggiri yang ada di Muara Angke

  • Ikan Tenggiri Giling Rp 130.000
  • Ikan Tenggiri Fillet Rp 110.000
  • Ikan Tenggiri Muara Angke Rp 80.000
  • Harga Kerupuk Ikan Tenggiri Rp 60.00 

Harga Ikan Tenggiri di Kota-kota Indonesia

Apakah anda penasaran mengenai harga ikan tenggiri yang dimiliki oleh kota-kota di Indonesa? Perbedaan wilayah atau daerah ini ternyata mempengaruhi harga jual dari ikan tenggiri. Hal ini terjadi karena ikan tenggiri tidak bisa ditemui di seluruh wilayah perairan laut yang ada di Indonesia.

Selain itu juga ikan tenggiri belum bisa dibudidayakan, dan hal ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan harga ikan tenggiri yang ada di pasaran saat ini memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut ini adalah harga jual dari ikan tenggiri di beberapa kota yang ada di Indonesia.

Jakarta Rp 90.000
Bekasi Rp 87.000
Serang Rp 88.000
Bogor Rp 92.000
Cirebon Rp 89.000
Bandung Rp 92.000
Semarang Rp 80.000
Purwokerto Rp 85.000
Yogyakarta Rp 82.000
Surabaya Rp 81.000
Medan Rp 76.000
Denpasar Rp 95.000
Malang Rp 85.000
Balikpapan Rp 78.000
Makasar Rp 76.500
Pekanbaru Rp 74.000
Aceh Rp 72.00
Padang Rp 74.000
Palembang Rp 70.000

Jika melihat dari data di atas, harga ikan tertinggi yang paling murah ada di kota Palembang. Hal ini terjadi karena di daerah perairan laut Palembang, banyak pelayan yang bisa mendapatkan ikan tenggiri dengan sangat mudah karena memang disanalah pusat pengolahan dan penjualan dari ikan tenggiri yang ada di Indonesia.

Resep Makanan Berbahan Dasar Daging Ikan Tenggiri

ikan tenggiri
resepmasakanalternatif.blogspot.co.id

Setelah mengetahui berbagai informasi yang sudah penulis jabarkan di atas, mulai dari pengertian, informasi umum, cara pengolahan, serta harga dari ikan tenggiri, tentu saja Anda harus tau bagaimana cara mengolah ikan tenggiri agar bisa dinikmati sebagai kuliner yang memiiki cita rasa nikmat. Oleh karena itu penulis juga sudah menyiapkan sebuah resep makanan yang berbahan dasar ikan tenggiri.

Bakso Daging Ikan Tenggiri

Resep yang pertama adalah bakso daging ikan tenggiri. Bakso yang biasanya menggunakan bahan dasar daging sapi ini ternyata bisa kita ganti dengan daging ikan tenggiri loh, dan rasa yang dimilikinya pun sangat nikmat.

Penasaran? Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

  • 500 gram daging ikan tenggiri
  • 5 sendok makan tepung tapioka
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh lada
  • 1 sendok teh garam

Cara membuatnya pun cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Remas-remas daging ikan tenggiri hingga lumat
  2. Masukan tapioka, bp bubuk, lada dan garam. Aduk hingga rata
  3. Panaskan air hingga mendidih, kecilkan api.
  4. Bentuk bulat daging ikan dengan 2 buah sendok dan masukan ke dalam air yg sdh mendidih. Tunggu hingga bakso mengambang.
  5. Angkat bakso dan rendam di air dingin.
  6. Sajikan bakso dengan aneka menu masakan favorit keluarga

Nah, itulah informasi lengkap mengenai ikan tenggiri yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda dan dapat menambah wawasan anda mengenai salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi ini. Terima kasih sudah mampir.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia