Kue Ulang tahun – Sejarah, Panduan, dan Tempat Beli Rekomendasi

kue ulang tahun

Kali ini kami akan membahas tentang sejarah kue ulang tahun,mengapa ada lilin menyala di kue ulang tahun, mengapa ulang tahun harus meniup lilin dan yang terakhir adalah bagaimana cara membuat kue ulang tahun.

Semua orang pasti sudah tahu kalau kue ulang tahun itu untuk merayakan orang yang sedang bertambah umurnya. Jika merayakan ulang tahun tanpa adanya kue ulang tahun pasti rasanya seperti ada yang kurang.

Mayoritas orang-orang yang merayakan ulang tahun, biasanya adalah anak-anak. Sementara jika sudah bertambah tua umur atau sudah tidak menjadi anak-anak lagi, kebiasaan memakai kue ulang tahun disaat berulang tahun akan berkurang dan menghilang dengan sendirinya.

Tapi walaupun banyak orang yang memakai kue ulang tahun untuk merayakan bertambah umurnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana sejarah kue ulang tahun itu. Kenapa harus ada kue ulang tahun disaat perayaan ulang tahun, dan sebagainya.

Jika anda penasaran bagaimana sejarah dari kue ulang tahun. Berikut adalah penjelasan tentang sejarah kue ulang tahun. Baca dengan seksama, ya!

Sejarah Kue Ulang Tahun

Ulang tahun sendiri adalah hal yang harus kalian syukuri, karena kalian masih diberi keselamatan dan kesehatan untuk melanjutkan hidup ini. Banyak cara dilakukan untuk merayakan ulang tahun tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengadakan pesta kecil bersama teman-teman atau keluarga anda.

Untuk melengkapi sebuah perayaan ulang tahun, biasanya dihadirkan kue ulang tahun. Kue ulang tahun sendiri adalah untuk jamuan para keluarga atau teman-teman anda. Tetapi jika anda membuat sendiri kue ulang tahun itu, pastinya akan membuat makna yang lebih bernilai untuk anda maupun yang memakannya.

Tetapi sebelum ke sejarah kue ulang tahun, kalian harus tahu terlebih dahulu apa pengertian kue ulang tahun.

Pengertian Kue Ulang Tahun

kue ulang tahun 2
stockphoto

Dalam budaya barat sendiri, kue ulang tahun dianggap sebagai desert atau pastry untuk disajikan kepada orang yang sedang berulang tahun. Biasanya, kue ulang tahun ini dihiasi dengan nama orang yang berulang tahun dan pesan selamat berulang tahun.

Selain hiasan dengan tulisan nama dan selamat berulang tahun, lilin juga menghiasi kue ulang tahun tersebut. Ada sebuah tradisi, untuk meletakkan lilin ekstra pada kue ulang tahun yang berguna untuk membawa keberuntungan. Bahan untuk membuat kue ulang tahun ini biasanya terbuat dari spons yang berasa coklat.

Sejarah Kue Ulang Tahun

Sejarah kue ulang tahun ini bisa anda lihat dari zaman yunani kuno yang membuat roti dengan bentuk bulan dan membawanmya pada kuil artemin-Dewi bulan. Sejumlah ahli pun berpendapat bahwa tradisi kue ulang tahun ini berasal di jerman pada pertengahan abad.

Tradisi Peletakan Kue Ulang tahun

Tradisi peletakan lilin di kue ulang tahun dikaitkan dengan Yunani awal, yang memakai tempat lilin menyala pada kue ulang tahun untuk membuat kue ulang tahun itu bercahaya seperti bulan.

Sejumlah ahli pun percaya bahwa, jika asap lilin pada kue ulang tahun yang mereka tiup akan membawa keinginan dan harapan mereka pada dewa yang ada di langit.

Tradisi Dan Keyakinan Tahayul Kue Ulang Tahun

Di pertengahan abad yang lalu, orang inggris dulu meletakkan benda simbolik seperti cincin, koin, dan bidal pada sebuah adonan kue. Dengan meletakkan benda simbolik tersebut, mereka percaya jika itu akan menjadi keberuntungan kalau anda menemukan benda simbolik tersebut. Sedangkan jika menemukan bidal, maka akan menerima kesialan.

Kemajuan Pembuatan Kue Ulang Tahun

Pada awalnya, kue ulang tahun ini sama saja dengan roti. Mereka menambahkan madu dan kacang-kacangan dan buah-buahan kering sebagai pelengkap atau hiasan kue. Sementara menurut para sejarawan makanan, mesir kuno merupakan yang pertama menampilkan bukti keterampilan pemanggangan yang maju.

Pertengahan abad di eropa sendiri, pemanggang eropa disana menjadikan kue jahe dan kue buah yang bisa bertahan selama berbulan-bulan. Eropa sudah membuat suatu kemajuan yang sangat besar dengan sebuah seni membuat kue, itu terjadi sekitar abad pertengahan ke-17.

Disaat itu juga mereka sudah bisa menjadi pelopor dalam pembuat kue modern. Semua perkembangan itu disebabkan karena perkembangan teknologi pemanggang kue yaitu oven yang sudah sangat handal mencetak makanan serta gula yang halus.

Icing ini pertama kali dipakai dengan menggunakan gula, flavour, putih telur yang kemudian direbus. Lalu icing ini dipakai untuk menaruh kue pada tart dan setelah itu dimasukkan kedalam oven untuk waktu yang singkat.

Pada saat kue akan hendak dikeluarkan, lapisan gula langsung didingikan, agar membuat efek keras glossy es pada gula. Pada zaman Victoria, Mouled cakes dan fancy ices mencapai tingkat puncaknya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana sih sejarah kue ulang tahun itu. Ternyata itu karena tradisi yunani kuno yang membuat roti dengan bentuk bulan dan membawanmya pada kuil artemin-Dewi bulan.

Selanjutnya adalah membahas tentang mengapa ada lilin menyala di kue ulang tahun. Pastinya kamu makin penasaran, bukan? Jika iya, berikut adalah penjelasan tentang mengapa ada lilin menyala di kue ulang tahun.

Mengapa ada lilin menyala di kue ulang tahun

kue ulang tahun 3
stockphoto

Kue ulang tahun identik dengan lilin yang menyala diatasnya, tapi tahukah kamu mengapa harus ada lilin menyala di kue ulang tahun? Berikut adalah alasan dibalik keberadaan lilin pada kue ulang tahun:

  1. Tradisi Kuno

Dilansir dari beberapa sumber yang ada, menyatakan bahwa kebiasaan menaruh lilin diatas kue ulang tahun sudah ada sejak zaman Yunani Kuno dulu. Kebiasaan tersebut pun akhirnya diwariskan turun temurun dan akhirnya sampai sekarang ini.

  1. Bentuk Penghormatan

Alasan yang kedua berasal dari sejarah Yunani kuno lagi. Yaitu menurut sejarah Yunani Kuno, cara orang-orang untuk menyembah dan merupakan penghormatan pada dewi bulan, Artemis, adalah dengan menaruh lilin yang menyala pada kue ulang tahun.

  1. Ritual

Alasan ini berkenaan dengan cara ritual penghormatan terhadap dewi artemis, yaitu dengan membuat kue berbentuk bundar, yang merupakan symbol bulan. Sementara itu lilin sendiri adalah cara mereka untuk mendekorasi, yang mempresentasikan cahaya bulan.

  1. Alasan Religius

Menempatkan lilin yang menyala pada tengah kue adalah cara mereka untuk menyimbolkan cahaya kehidupan.

  1. Kepercayaan

Inilah alasan, mengapa kita harus meniup lilin yang menyala pada tengah kue ulang tahun sampai padam, Ini dikarenakan orang Yunani percaya asap dari lilin yang ditiup akan melayang ke atas dan sambil membawa harapan dan doa mereka pada para dewa langit.

Ada juga orang yang percaya bahwa asap dari lilin dapat mengusir roh-roh jahat yang ada disekitarnya.

 

Setelah adalah mengetahui mengapa ada lilin menyala di kue ulang tahun, sekarang saatnya ada mengetahui cara bagaimana membuat kue ulang tahun yang enak. Jika anda sudah mengetahui cara membuat kue ulang tahun, nantinya anda tidak harus membelinya di toko kue.

Kelebihan dari membuat kue ulang tahun sendiri adalah, anda bisa mendesain kue ulang tahun anda sesuai dengan keinginan anda. Pastinya jika membuat kue ulang tahun sendiri, anda akan merasa lebih puas, apalagi kue buatan anda ternyata enak.

Bagi kamu yang masih baru dalam pembuatan kue ulang tahun, sebaiknya mencoba dengan membua kue ulang tahun sederhana terlebih dahulu. Agar nantinya anda akan memiliki pengalaman yang cukup dalam pembuatan kue ulang tahun, jika sudah cukup pengalaman, maka nanti baru anda bisa mencoba membuat kue ulang tahun yang lebih sulit.

Perlu diingat jika membuat kue ulang tahun itu harus dengan senang hati, agar nanti pembuatannya akan berjalan lancar. Walaupun pembuatan kue ulang tahun lebih sulit dibanding membuat kue lainnya, anda tetap bisa mencoba membuatnya, dengan cara mencari cara membuat kue ulang tahun sederhana.

Untuk kamu yang ingin membuat kue ulang tahun yang bagus dan cantik, anda harus belajar terlebih dahulu tentang cara menghias kue ulang tahun yang benar. Agar nantinya anda bisa menghias kue ulang tahun dengan benar, dan pastinya akan menghasilkan kue ulang tahun yang indah.

Tanpa berpanjang lebar lagi, untuk anda yang penasaran bagaimana cara membuat kue ulang tahun. Berikut adalah cara bagaimana membuat kue ulang tahun:

Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Kue ulang tahunb yang satu ini walaupun tampilan nya sederhana tetapi sebenarnya begitu cantic dan manis. Dari desain dan style nya, kue ulang tahun ini masih cocok untuk remaja dan dewasa.

Kue ulang tahun yang akan kita buat ini bernama, Kue Tart Balu Macan. Dinamakan Kue tart Balu Macan, itu karena motif kue berwarna kuning dengan baluran coklat. Untuk cara pembuatannya pun cukup mudah, maka dari itu perhatikan dengan baik dan seksama. Berikut adalah resepnya:

Bahan Kue Tart

  • 100gram tepung terigu
  • 40gram tepung maizena
  • 8 butir kuning telur
  • 60gram coklat bubuk
  • 100gram mentega yang dilelehkan
  • 200gram gula pasir
  • ¼ sendok the vanili bubuk
  • 500gram whipped cream + pewarna
  • 100gram coklat masak
  • Cara membuat kue ulang tahun
  • Cokelat bubuk, tepung terigu dan tepung maizena dicampur dan kemudian diaduk sampai merata. Lalu sisihkan
  • Kocok kuning telur sampai mengembang dan berbusa, campurkan tepung sambil diayak. Aduk sampai merata
  • Tambahkan mentega, lalu aduk sampai merata
  • Siapkan Loyang dan olesi Loyang dengan mentega, kemudian tuang adonan pada Loyang dan panggang mengguanakan oven. Panggang menggunakan suhu 150 derajat Celcius sampai benar-benar matang.
  • Keluarkan dari oven dan dinginkan untuk dihias nantinya
  • Cara menghias kue ulang tahu ini pun dengan menggunakan whiped cream dengan warna putih dan kuning. Cara menghiasnya dengan cara mengolesi seluruh permukaan kue ulang tahun dengan whiped cream terlebih dahulu, setelah itu baru menggunakan whiped cream berwarna kuning. Terakhir hiasi kue ulang tahun menggunakan coklat agar menarik.

 

Tetapi bagaimana jika anda adalah orang yang tidak mau ribet? Tenang saja, kami disini juga akan memberikan kalian lokasi, dimana kalian bisa membeli kue ulang tahun yang berkualitas dan pastinya enak.

Lokasi Beli Kue Untuk Ulang Tahun

Lokasi yang kita pilih saat ini adalah di daerah Jakarta, untuk kamu yang ingin membeli kue ulang tahun dan sedang berada di daerah Jakarta, kamu bisa membaca daftar-daftar lokasi dibawah ini:

  1. Minilovebites – Senopati

Bagaimana? Imut kan bentuk kue ulang tahunnya? Di Minilovesbites, kamu bisa mendapatkan kue utuh yang pas banget untuk memberi kejutan pada teman baik kamu atau pacar kamu. Untuk ukuran kuenya, ada bermacam-macam. Dari ukuran mini sampai tall, harganya pun dari Rp 250.000 sampai Rp 700.000.

Untuk lokasinya Minilovesbite terletak di Jl. Ciniru 2 No.18. Toko ini buka dari jam 08:00 sampai jam 20:00 pada hari senin-sabtu, dan jam 08:00 sampai jam 14:00 pada hari minggu.

  1. Union – Pondok Indah

Siapa yang tidak suka dengan kue Red Velvet? Pastinya tidak ada ya, haha. Apalagi kue Red Velvet nya UNION. Red Velvet UNION adalah salah satu dessert yang paling legendaris di daerah Jakarta.

Nah, untuk kamu yang ingin memberi teman kamu yang sedang berulang tahun, dan kamu memberikan kue Red Velvet ini utuh, pasti kamu tidak bisa membayangkan bagaimana bahagia nya dia, bukan?

Nah, jika kamu ingin membuat teman kamu bahagia, kamu bisa memberi kue Red Velvet ini. Untuk harganya pun termasuk murah dan sebanding dengan harganya, yaitu sekitar Rp 400.00. Kue ini pun bisa di delivery, jika kamu memesannya dan tidak mau repot-repot keluar rumah.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini, tempat ini terletak di Street Gallery, Lantai Ground, Jl. Metro Pondok Indah. Untuk memesannya, kamu bisa menghubungi ke 021-29529781. Toko ini buka dari jam 11:00 sampai dengan 00:00 pada hari minggu sampai hari kamis, dan buka dari jam 11:00 sampai dengan 02:00 pada hari jum’at.

  1. Collete & Lola – Thamrin

Kue lucu yang dimiliki Collete & Lola ini pas sekali untuk kamu jadikan surprise untuk gebetan atau pacar kamu. Pastinya kalau pacar atau gebetan kamu diberi kue ini, dia tidak akan lupa dan bahagia, deh!

Kamu bisa mencoba membeli kue yang bernama This Is Not An OREO Cake, dengan harga Rp 265.000 untuk satu Loyang. Kamu tidak menyesal setelah membeli kue yang satu ini, karena rasanya sangat mirip dengan oreo, tetapi dengan ukuran yang lebih besar.

Untuk kamu yang ingin berkunjung dan membeli kue yang ada disini, toko kue ini terletak di Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, West Mall, Jl. MH Thamrin No.1. Toko ini buka pada jam 10:00 sampai dengan 22:00 pada hari minggu sampai dengan senin.

Nah, bagaimana? Apakah anda tertarik dengan kue ulang tahun yang ada diatas? Untuk kamu yang ingin membeli kue yang ada diatas, pastinya tidak akan menyesal deh!

Menurut penulis sendiri, kue ulang tahun merupakan sesuatu yang tidak harus ada pada sebuah acara ulang tahun. Tetapi dengan adanya kue ulang tahun, orang yang menerima kue ulang tahun akan terlihat bahagia dan senang. Itu pastinya akan membuat orang yang memberi kue ulang tahun tersebut merasa bahagia dan senang juga.

Demikian lah artikel tentang kue ulang tahun ini, jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang kue ulang tahun.

Jangan lupa bagikan artikel ini, agar nantinya juga memberi pengetahuan kepada yang membacanya.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia