Roti Gembong – Asal Usul + Lengkap Dengan Resep Pembuatannya

roti gembong

Roti gembong – Kutai kartanegara adalah sebuah wilayah kabupaten yang bertempat di Kalimantan Timur. Di kabupaten Kutai Kartanegara ini kita bisa menemukan berbagai destinasi wisata yang bisa kita jadikan sebagi tempat menghabiskan waktu liburan, destinasi wisata tersebut antara lain adalah Pantai Pangempang, Bukit Bangkirai, Pantai Tanah Merah, dan Danau Semayang.

Selain berbagai tempat wisata kita juga bisa menikmati berbagai makanan khas dari Kutai Kartanegara. Salah satu kuliner asal Kutai Kartanegara yang saat ini sedang populer dan sering dicari oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke sana adalah Roti Gembong.

Roti Gembong sendiri sebenarnya bukanlah kuliner baru terutama bagi masyarakat yang memang tinggal di Kutai Kartanegara. Namun sekitar setahun yang lalu, ada seorang pria yang mencoba berkreasi dan menambahkan beberapa varian rasa baru pada Roti Gembong tersebut sehingga kuliner asli Kuta Kartanegara ini kembali menjadi primadona dan diburu oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke sana, khususnya para pecinta kuliner.

Makanan khas Kukar ini sendiri memiliki nama lain yang biasa disebut dan lebih dikenal oleh masyarakat Kutai, yaitu roti sobek. Asal usul dari nama roti gembong ini pun didapat dari tekstur roti tersebut yang berbentuk menggembung. Cita rasa yang dimiliki oleh makanan khas kutai ini pun terasa tawar namun ada rasa manis yang bercampur dengan sensasi gurih. Biasanya roti ini dikonsumsi pada saat sarapan oleh masyarakat Kutai Kartanegara.

Seakan mengikuti perkembangan zaman, roti ini pun ikut berkembang dari segi rasa yang dimilikinya. Sekarang ini roti gembong sudah terkena sentuhan rasa yang bervariasi. Berbagai macam dan jenis selai pun digunakan untuk menambah kenikmatan rasa yang dimiliki, seperti selai durian, keju, dan cokelat pun tidak terlewat untuk mengisi roti yang satu ini.

Jika Anda sedang berlibur ke wilayah Kutai Kartanegara dan tepatnya sedang mengunjungi wilayah Tenggarong atau bahkan sebagian besar wilayah samarinda, maka Anda bisa dengan mudah menemukan beberapa penjual yang menawarkan roti ini.

Namun, jika anda ingin menikmati roti gembong dengan rasa yang lebih enak dibandingkan roti gembong lainnya, mungkin anda bisa mencoba roti gembong yang sudah memiliki brand dan sudah cukup terkenal. Silahkan anda coba datangi toko yang dimiliki oleh seorang pria bernama Muhammad Wahib Herlambang.

Penulis tidak ingin mengabaikan atau memiliki maksud untuk menyarankan anda mengacuhkan makanan khas Kutai dengan jenis yang sama ini, namun pria yang baru berumur 40 tahun ini bisa dibilang sebagai pelopor dan pencetus yang sukses membuat roti gembong ini kembali menjadi makanan yang populer dan banyak diburu wisatawan. Setidaknya ia berhasil untuk membangkitkan minat wisatawan pada roti gembong dan menjadikan makanan ini sebagai makanan khas Kota Raja.

Uniknya, Wahib sendiri tidak memiliki darah Kutai atau silsilah keluarga yang berasal dari Kutai Kartanegara. Namun dirinya lahir dan sudah hidup lama di kota Tenggarong ini sehingga tidak sulit baginya untuk memahami dan mengerti kebiasaan serta adat yang ada di pusat kerajaan tertua di Indonesia itu.  Terlebih lagi dalam urusan kuliner dan makanan khasnya.

“Saya mulanya berpikir, jika ingin jadi tujuan wisata, Tenggarong harus punya kuliner khas. Roti gembong ini kan warisan leluhur, kenapa tidak dilestarikan saja dengan inovasi dan branding yang kuat,” ucap pria yang lahir pada 11 Januari 1976 itu.

Meskipun bisa dibilang ia adalah seorang yang berhasil memberikan inovasi baru pada roti gembong, dirinya mengaku mulai menjajakan roti ini hanya dengan 1 buah varian rasa. Ia pun mengaku hanya coba coba saja, dan ternyata roti dengan rasa ini mendapatkan respon baik dari pasar.

roti gembong
Tokomesin.com

“Setelah hanya menjual rasa orisinal, saya menyediakan rasa srikaya dan keju. Dengan varian itu saja, antrean selalu panjang. Sekarang, saya sudah jual banyak rasa baru, seperti cokelat, pandan, dan lainnya,” kata dia.

Ia pun merintis bisnis roti gembong ini sejak tahun 2014 lalu dan ia memberikan merek atau brand khusus Roti Gembong Kota Raja. Pada awal mula ia membuka bisnis ini, ia hanya memiliki 2 orang karyawan, dan setelah bisnis yang ia jalankan mengalami perkembangan yang cukup pesat, akhirnya kini ia memiliki 5 orang karyawan yang bekerja di outlet miliknya.

Otlet Roti Gambang Kota Raja yang ia miliki pun digabung dengan sebuah restoran yang bernama D’Lada Resto. D’Lada Resto sendiri adalah salah satu bisnis lain yang dimiliki oleh Wahib dan terletak di Jalan Maduningrat dan terletak tidak jauh dari lokasi Pasar Tangga Arung Lama.

Kesuksesan yang ia raih dalam mengangkat kepopuleran kuliner roti gembong ini pun bisa memberikan dirinya keuntungan yang cukup besar. Ia mengatakan dirinya bisa mendapatkan omzet hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Setiap hari ia bisa menjual 200 kotak roti gembong bahkan bisa sampai 300 kotak roti gembong yang setiap kotaknya berisi 6 potong roti.

“Saat weekend lebih banyak yang pesan. Jadi, angka 300 itu belum termasuk yang order duluan,” ungkap ayah 5 anak itu.

Ia pun memiliki nasihat untuk orang yang ingin memulai bisnis kuliner. Menurutnya, sekarang ini jika ingin memulai bisnis kuliner kita tidak bisa hanya mengandalkan rasa dari produk yang ingin kita jual, tetapi kita juga harus memperhatikan dari sisi tampilan produk, pelayanan, dan kebersihan outlet pun harus kita jaga dan perhatikan dengan baik.

Wahib sendiri sekarang sedang menjabat sebagai ketua Komunitas Tangan di Atas atau TDA Kutai Kartanegera. Ia mengungkapkan bahwa misi utama dari dirinya sendiri adalah untuk melengkapi dan meningkatkan potensi wisata yang dimiliki oleh Tenggarong. Bahkan dirinya ingin memperluas jangkauan pasar dari Roti Gembong Kota Raja miliknya dengan membuka cabang baru di Balikpapan pada tahun yang akan datang.

“Selanjutnya , saya ingin membuka pusat oleh-oleh khas Kota Raja. Tidak hanya menjual roti gembong, tapi makanan khas lain seperti elat sapi, pisang rimpi, hingga pisang salai,” ujar alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Kutai Kartanegara itu.

Menurut dirinya sendiri, peluang bisnis itu tidak perlu ditunggu, bahkan harus anda ciptakan sendiri. Di dalam bidang bisnis kuliner, menurut dirinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan jeli melihat kebutuhan pasar dan harus memiliki sifat berani untuk berinovasi.

“Harus berani ciptakan sesuatu yang berbeda. Kondisi perekonomian yang kurang bagus juga bukan alasan untuk berhenti berinovasi dalam bisnis,” pungkasnya.

Nah, setelah mengetahui asal usul dari roti gembong yang telah berubah menjadi makanan khas Kutai Kartanegara yang populer dan memiliki banyak peminat, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis yang sejenis? Atau hanya ingin mencoba merasakan cita rasa roti ini? Jika iya, penulis sudah menyiapkan beberapa resep roti gembong yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah.

Resep Membuat Roti Gembong

roti gembong
Youtube.com

Dalam membuat roti gambang, ada beberapa resep yang bisa Anda coba gunakan dan praktikkan sendiri.

Resep Pertama

Dalam membuat roti ini pun ada beberapa bahan yang harus anda siapkan, bahan bahan tersebut antara lain adalah:

  • 500 gr tepung teriga
  • 120 gr gula pasir
  • 2 sendok teh ragi instan
  • ½ sendok teh soda kue
  • 1 butir kuning telor
  • 225 ml santan dan susu cair (mix)
  • 80 gr margarine
  • garam secukupnya
  • siapkan margarin secukupnya untuk dioles pada roti

Setelah anda menyiapkan bahan bahan yang sudah penulis jabarkan diatas, silahkan lanjutkan pada bagian langkah langkah pembuatan roti gembong di bawah ini:

  1. langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencampurkan tepung, gula, ragi, dan soda kue lalu aduk hingga merata. Setelah merata, Anda bisa tambahkan kuning telur dan juga santan yang sudah dicampur dengan susu cair lalu bisa anda aduk hingga merata dan ulen sampai setengah kalis.
  2. Lalu Anda bisa menambahkan margarine dan garam, lalu uleni sampai kalis menjadi elastis, mulus, serta tidak lagi terasa lengket.
  3. Setelah selesai, silahkan diamkan adonan yang sudah anda buat dan tunggu hingga berkembang 2 kali lipat.
  4. Jika sudah mengembang, silahkan kempeskan dan bagi adonan sampai masing masing memiliki berat 50 gram atau sesuai dengan selera anda. Lalu silahkan tata di atas loyang dan diamkan sampai kembali mengembang.
  5. Panggang di dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius sampai roti gembong berwarna kecoklatan.
  6. Jka sudah matang, maka Anda bisa angkat dan oleskan margarin di atas roti saat masih panas.
  7. Roti gembong pun siap dinikmati.

Resep Kedua Roti Gembong

Di dalam resep roti sobek yang kedua ini bahan bahan yang harus anda siapkan adalah:

  1. 1 1/2 sendok teh ragi instan
  2. 4 sendok teh gula pasir
  3. 240 ml air hangat
  4. 200 gram tepung terigu
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. 2 sendok makan minyak sayur
  7. 3 sendok makan susu kental manis
  8. Keju cheddar (potong dadu)
  9. Meses coklat
  10. Mentega (untuk olesan)

Setelah Anda menyiapkan bahan bahan tersebut maka bisa lanjutkan ke langkah langkah membuatnya di bawah ini:

  1. Langkah pertama adalah larutkan ragi dan gula pasir di dalam 100 ml air hangat dan diamkan sampai muncul busa
  2. Lalu campurkan tepung terigu dan garam serta minyak kemudian silahkan masukkan ke dalam campuran air hangat yang sudah anda siapkan tadi. Lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga menjadi kalis
  3. Tutup adonan yang sudah anda campurkan tadi dengan kain basah dan diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai adonan mengembang
  4. Lalu saat adonan sudah mulai mengembang, anda bisa ambil sedikit adonan tersebut lalu bulatkan dan pipihkan agar bisa diberi isian.
  5. Silahkan masukkan isian keju dan cokelat meses yang sudah anda siapkan, dan ulangi langkah ini sampai adonan tersebut habis.
    6. Siapkan loyang, dan letakkan adonan yang sudah anda buat dan diletakkan secara bergandengan.
    7. Tahap yang satu ini sebenarnya opsional, dan bisa anda lakukan dan bisa juga tidak, yaitu taburkan mesis atau keju di atas adonan yang sudah diletakkan di atas loyang.
    8. Panggang adonan tersebut selama kurang lebih 15 menit, dan lakukan cek secara berkala agar adonan tidak menjadi gosong.
  6. Roti sobek yang sudah matang pun siap disajikan.

Resep Roti Gembong Ketiga

Resep yang ketiga ini bisa anda coba dan merupakan salah satu resep terbaik untuk membuat roti gembong atau roti sobek. Roti ini memiliki tekstur yang lembut dan tentu saja sangat nikmat jika dimakan bersama orang orang tercinta.

Dengan bahan bahan yang mudah serta cara membuat yang tidak terlalu sulit, tentu saja akan membuat Anda makin semangat untuk membuat roti sobek ini. Anak-anak di rumah pun tentu saja akan merasa senang ketika anda membuat makanan yang satu ini.

Selain itu juga anda bisa menyajikan roti ini pada saat ada tamu yang sedang berkunjung ke rumah atau pada acara acara besar keluarga. Jika Anda sudah penasaran dan tidak sabar lagi, silahkan simak bahan bahan berikut yang harus anda siapkan

Bahan biang:

  • 150 ml air hangat
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok teh gula pasir

Bahan Adonan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 40 gram margarin
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 buah putih telur

Bahan olesan:

  • kuning telur
  • 2 sendok makan susu uht

Langkah langkah untuk membuat roti gembong yang satu ini pun cukup mudah dan seharusnya bisa dilakukan oleh semua orang, berikut ini langkah langkahnya:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan bahan biang dan aduk merata hingga muncul busa
  2. Selanjutnya adalah campurkan terigu dan margarin, lalu remas remas sampai berbutir-butir
  3. Lalu tambahkan gula pasir dan aduk hingga merata
  4. kemudian tuangkan bahan biang, dan aduk dengan menggunakan sendok, lalu anda bisa menambahkan putih telur dan aduk hingga merata
  5. Lalu adonan yang sudah Anda aduk hingga merata tersebut bisa ditutup dengan serbet untuk melindunginya dari kotoran dan diamkan hingga mengembang
  6. Setelah mengembang, anda bisa membagi adonan menjadi 16 bagian, lalu lakukan pengisian dengan menggunakan cokelat atau keju, lalu kembali diamkan selama kurang lebih 30 menit agar kembali mengembang
  7. Setelah itu Anda bisa lakukan pengolesan adonan yang sudah mengembang itu dengan margarine dan panggang di oven pada suhu 190 selama kurang lebih 20 menit. Jangan lupa untuk melakukan pengecekkan agar tidak terjadi gosong pada roti yang anda sedang panggang.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membuat roti gembong ini? Selain bahan bahan yang dibutuhkan cukup sederhana dan mudah dicari, proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit untuk dilakukan, bukan?

Selain mudah untuk dibuat, rasa yang dimiliki oleh roti yang satu ini pun tidak perlu diragukan lagi, bisa dipastikan rasanya akan sangat enak dan sangat nikmat jika dikonsumsi bersama orang orang tercinta di saat sedang bersantai sambil bercerita atau menonton film keluarga.

Selain itu juga roti gembong ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang cukup menarik. Selain banyak peminatnya, roti ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, dan hanya membutuhkan strategi bisnis yang bagus. Semoga Bermanfaat.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia