Menguntungkan! Inilah 7 Usaha Kecil Kecilan yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

usaha kecil kecilan

Banyak orang yang ingin melakukan usaha kecil kecilan di rumah. Keinginan itu biasanya muncul ketika merasa jenuh bekerja di kantor, atau saat bosan karena hanya berdiam diri di rumah tanpa kesibukan yang menghasilkan.

Tak hanya itu, penyebab lokasi kerja yang terlalu jauh dari keluarga, teman, dan kolega juga bisa menjadi alasan seseorang ingin membuka usaha kecil kecilan di rumah. Meskipun sering berpikir untuk membuka usaha, tapi kebanyakan orang tak mampu mewujudkannya.

Alasan yang banyak ditemui adalah karena tidak ada ide usaha atau kebingungan soal modalnya. Bahkan, terkadang banyak orang yang takut membuka usaha karena khawatir penghasilan yang didapat tidak sebesar yang dibayangkan.

Bila Anda termasuk orang yang punya alasan-alasan di atas, maka jangan cemas. Artikel ini akan merangkum usaha apa saja yang bisa dilakukan di rumah, dengan modal terjangkau tapi hasil yang menggiurkan. Yuk, Anda simak ulasan berikut ini.

Usaha Kecil Kecilan

1. Usaha Penitipan Anak

Banyaknya orang tua yang bekerja, menjadikan kebutuhan akan pengasuh anak semakin meningkat. Kebutuhan ini kemudian bisa dilihat sebagai peluang untuk membuka bisnis penitipan anak. Meski bukan termasuk baru, usaha penitipan anak masih dipandang sebagai bisnis kecil kecilan yang bisa mendatangkan keuntungan.

Anda yang ingin memulai bisnis ini, sebaiknya telah memiliki pengalaman menjadi pengasuh anak sebelumnya. Pengalaman mengasuh anak itu sangat penting, karena akan menjadi panduan dalam pengasuhan anak yang tepat.

Selain itu, keterampilan dalam merawat anak-anak juga harus Anda miliki. Bahkan, Anda pun mesti memiliki dasar pengetahuan mengenai tumbuh kembang anak.

Anda juga harus menyiapkan satu ruangan khusus untuk tempat bermain anak-anak. Ruangan mesti berukuran luas dan bersih dari benda-benda tajam seperti, pisau, gelas kaca, atau barang-barang lain yang bisa membahayakan anak-anak.

Lebih baik lagi jika ruangan itu dilengkapi dengan matras yang empuk sebagai alas lantai. Lengkapi pula ruangan tersebut dengan beberapa permainan edukasi yang bisa dipakai anak-anak bermain.

Jika semua sudah siap, Anda bisa langsung melakukan promosi secara online melalui media sosial. Anda juga dapat menyebarkan brosur serta kartu nama kepada tetangga yang berada di dekat tempat penitipan anak.

2. Bisnis Penitipan Motor

Jasa penitipan sepeda motor bisa menjadi usaha yang cukup menjanjikan, terutama bila Anda berdomisili di kota besar. Banyak orang perkotaan yang memanfaatkan jasa penitipan motor saat berangkat kerja ataupun berkuliah.

Biasanya, masyarakat yang tinggal di kawasan macet memilih untuk menitipkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kereta atau commuter line. Kendaraan yang dititipkan pun beragam. Ada sepeda motor dan juga mobil. Namun sebagai pemula, sebaiknya batasi jenis kendaraan yang dititipkan.

Jika ingin membuka jasa penitipan sepeda motor, Anda harus mempunyai lahan yang cukup luas untuk bisa dijadikan sebagai areal parkir. Selain itu, sebaiknya lokasi penitipan motor berada di dekat terminal, sekitar kampus, dekat perkantoran ataupun di dekat pusat perbelanjaan.

Untuk pembayarannya, bisa dilakukan sebelum atau sesudah motor dititipkan di lahan yang telah Anda sediakan. Jika lokasi penitipan motor yang Anda sediakan berada di daerah perkantoran, sebaiknya tarifnya menggunakan hitungan jam agar pemasukan bisa lebih tinggi.

usaha kecil kecilan

3. Rental Komputer

Ini nih, jenis usaha kecil kecilan yang cocok dilakukan di sekitar kampus. Usaha rental komputer cukup memberikan keuntungan yang lumayan. Adanya komputer dalam jumlah yang cukup banyak, menjadi modal utama untuk menjalankan bisnis ini.

Apa yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk memulai usaha rental komputer? Pertama-tama Anda harus memikirkan target konsumen yang hendak dituju.

Jika ingin target konsumennya adalah mahasiswa atau pelajar, maka lokasi rental komputer harus berada di dekat kampus atau sekolah. Jika target konsumennya adalah pegawai, maka lokasinya harus berada di dekat komplek perkantoran.

Kedua, siapkan 4 sampai 5 unit komputer untuk direntalkan. Anda bisa menggunakan komputer bekas yang kondisinya masih sangat bagus. Jika ingin menggunakan komputer bekas, carilah yang bermerek bagus misalnya Dell, IBM, atau HP.

Setelah komputer tersedia, maka langkah ketiga yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kabel jaringan yang menghubungkan komputer dengan printer. Jangan lupa siapkan juga meja dan kursi untuk setiap komputer. Selain itu, Anda wajib menyediakan kertas A4, scanner, dan papan plang nama usaha.

Total modal yang harus disediakan untuk memulai usaha rental komputer kecil kecilan adalah sekitar 12 juta rupiah. Modal sebesar itu bisa mendatangkan keuntungan rata-rata 2 juta rupiah setiap bulan. Bagaimana, Anda mau mencoba bisnis ini?

usaha kecil kecilan

4. Usaha Suvenir Pernikahan

Anda bisa menjadikan bisnis sovenir pernikahan sebagai pilihan usaha yang akan dijalankan. Alasannya, usaha suvenir semacam ini tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang menikah tapi juga bisa dipakai untuk acara-acara hajatan.

Selain itu, para pemesan suvenir pernikahan tidak mungkin memesan dalam jumlah sedikit Biasanya pesanan akan dilakukan dalam jumlah banyak, sehingga keuntungan yang didapat juga akan lebih besar.

Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu menyiapkan tempat khusus untuk memajang suvenir yang akan dijual. Modal yang disiapkan tidak terlalu besar, dengan sekitar 500 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Langkah selanjutnya adalah menentukan apakah Anda menjadi produsen atau menjadi reseller produk suvenir yang dibuat oleh orang lain. Penentuan fokus ini sangat penting sebagai langkah awal penentuan target konsumen. Jika memilih sebagai penjual produk jadi, maka carilah penyuplai yang bisa dipercaya, jujur, dan profesional dalam bekerja.

Sebaiknya meski melakukan bisnis ini secara online, tetapi Anda juga tetap membuka toko. Alasannya, jaringan internet hanya digunakan untuk menyasar pemesan produk yang berdomisili jauh dari toko Anda. Sedangkan untuk konsumen yang berdomisili di sekitar toko Anda, bisa langsung berkunjung untuk membelinya.

Anda harus terus melakukan promosi secara kontinu, baik lewat media sosial maupun secara offline. Semakin sering melakukan promosi, maka akan lebih banyak orang yang tahu usaha souvenir yang milik Anda.

usaha kecil kecilan

5. Kerajinan Tangan

Saat membuka usaha craft, tentukanlah jenis kerajinan tangan yang akan dibuat. Jika mahir membuat kerajinan tangan, Anda bisa membuat beberapa jenis produk sekaligus. Buatlah kerajinan yang unik dimana tidak semua orang bisa membuatnya.

Selain itu, akan lebih baik jika barang kerajinan yang dibuat memiliki manfaat untuk lingkungan sekitar. Beberapa contoh kerajinan dari barang-barang bekas yang bisa dibuat seperti, lampion hias, pot bunga dari ban bekas, vas bunga cantik dari botol bekas.

Bisnis kerajinan tangan merupakan tipe usaha yang bisa dikerjakan di rumah. Tidak diperlukan tempat atau ruangan khusus untuk memulai usaha ini. Anda bisa membuat kerajinan di teras rumah, ruang tamu, ruang keluarga atau bahkan di dalam kamar. Sangat fleksibel, bukan?

Tak hanya itu, modal untuk memulai bisnis kerajinan tangan semacam ini tidak perlu besar. Anda bisa menggunakan barang-barang bekas untuk diolah menjadi barang yang mempunyai nilai jual.

Sedangkan untuk pemasarannya, bisa menggunakan media sosial seperti Instagram maupun Facebook. Anda juga bisa mempromosikannya melalui aplikasi jejaring pertemanan seperti WhatsApp, Telegram, maupun [email protected] Bisa juga saat membuat barang kerajinan itu divideo lalu diunggah ke YouTube.

6. Jual Buku Online

Berjualan buku online adalah salah satu dari berbagai jenis usaha kecil kecilan yang bisa dijalankan hanya dengan memanfaatkan internet. Jadi karena hanya membutuhkan internet, maka bisnis ini bisa dikerjakan dimana saja termasuk di rumah.

Menjual buku secara online tidak serumit seperti berjualan di toko buku. Jika berjualan di toko buku membutuhkan prosedur yang berbelit, maka berbisnis secara online bisa dilakukan sendiri dengan cara mengeposkan buku-buku yang akan dijual di media sosial milik Anda. Maka, wajar bila makin banyak orang yang memulai usaha di bidang ini.

Yang pertama dilakukan saat akan menjual buku online adalah memahami pasar yang menjadi sasaran toko Anda. Selain itu, kenalilah buku apa saja yang menjadi favorit konsumen, sehingga bisa menentukan jenis buku apa yang akan dijual.

Misalnya, jika segmen konsumen yang ingin disasar adalah anak-anak, maka bisa Anda bisa menjual buku cerita anak, buku menggambar, ataupun buku mewarnai. Demikian halnya bila pasar yang ditargetkan adalah kalangan dewasa, yang mungkin lebih menyukai jenis novel atau buku akademik.

Langkah selanjutnya adalah membuat website yang menarik dan informatif. Ini sangat penting agar bisa meyakinkan dan memudahkan konsumen untuk memilih buku yang ingin dibeli di toko Anda.

Untuk menarik minat konsumen, sebaiknya Anda memberikan penawaran harga yang kompetitif  agar semakin banyak pembeli yang tertarik berkunjung ke toko Anda. Cara tersebut juga akan meningkatkan daya saing Anda di tengah usaha sejenis.

Jangan segan untuk bergabung dengan komunitas pencinta buku atau forum membaca yang ada di kota Anda. Dengan langkah tersebut, Anda pun bisa menambah jaringan pertemanan sekaligus dapat berpromosi kepada anggota komunitas.

usaha kecil kecilan

7. Kursus

Membuka kursus termasuk bentuk bisnis yang sederhana, sehingga mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Meski sederhana, ternyata model bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan jika digeluti secara serius.

Ada banyak model kursus yang bisa Anda geluti. Beberapa diantaranya adalah, kursus memasak, kursus pendidikan, kursus bahasa, kursus komputer hingga kursus merancang baju.

Sebelum memulai bisnis ini, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis kursus apa yang ingin dijalankan. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dan lingkungan sekitar.

Sebagai contoh, jika Anda tinggal desa dan termasuk golongan orang yang pandai, maka kursus pendidikan adalah opsi yang prospektif. Lain halnya bila Anda jago memasak, maka kursus memasak dapat menjadi pilihan yang cocok untuk dijalankan.

Untuk melakukan promosi, Anda bisa menyebarkan brosur ke beberapa tempat atau memanfaatkan testimoni dari pengguna jasa. Gunakan pula akun-akun media sosial seperti Facebook, Instagram, ataupun website untuk mengenalkan jasa yang Anda tawarkan kepada masyarakat.

Dari beragam jenis usaha kecil kecilan yang telah dipaparkan tadi, manakah yang paling Anda minati? Yang mana pun bisnis yang Anda pilih, ingatlah bahwa dalam menjalankan usaha keuletan dan konsistensi merupakan hal yang wajib dilakukan. Jangan mudah menyerah jika dalam perjalanan usaha Anda menghadapi kesulitan.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia